Pengertian Kinerja
Menurut Robin dalam buku Perencanaan Sumber Daya Manusia Untuk
Organisasi Profit yang Komprehensif (Nawawi, 2003), kinerja adalah jawaban
atas pertanyaan “Hasil apa yang akan dicapai di masa depan setelah seseorang
mengerjakan sesuatu”. Sedangkan menurut Schermeson, Hunt dan Osborn (Nawawi,
2003) menyatakan kinerja adalah kuantitas dan kualitas pencapaian tugas, baik
yang dilakukan secara individu, kelompok maupun satu oranisasi.
Pengertian kinerja menurut
Judith Gordon (Nawawi, 2006) kinerja adalah suatu fungsi kemampuan pekerja
dalam menerima tujuan pekerjaan, tingkat pencapaian tujuan dan interaksi antara
tujuan dan kemampuan pekerja. Pengertian ini terlihat sedikit rumit karena
mengenali kinerja sebagai fungsi kemampuan yang dimiliki pekerja dengan tujuan
pekerjaan yang akan dilaksanakan.
Kinerja menurut Mangkunegara
(2006) “Kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai
dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.”
Sementara menurut Sulistiyani
(2003) Kinerja seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha dan
kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya”. Menurut Maluyu S.P Hasibuan
kinerja (prestasi kerja) adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam
melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya didasarkan atas kecakapan,
pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
Menurut Febriyani (2003),
Kinerja merupakan hal penting yang harus dicapai oleh setiap perusahaan
dimanapun, karena kinerja merupakan cerminan dari kemampuan perusahaan dalam
mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya. Selain itu tujuan pokok penilaian
kinerja adalah untuk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi dan
dalam mematuhi standar perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya, agar
membuahkan tindakan dan hasilnya diharapkan.
Menurut Mathis (2002), dalam
bukunya Human Resource Management,
menyatakan bahwa “kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak
dilakukan karyawan”.
Menurut Rivai (2004) kinerja adalah perilaku
yang nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan
oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam perusahaan.
0 comments:
Post a Comment