Manfaat Doa dan Dzikir (Mengingat Allah)

Saturday, November 16, 2013
Mau repost dari buku "Dzikir PAGI PETANG dan sesudah sholat fardhu menurut Al-Qur'an dan as-Sunnah yang Shahih. Langsung aja ya mari dilihat:
  1. Mendatangkan keridhaan Allah Swt
  2. Mengusir syaitan, menundukan dan mengenyahkannya.
  3. Menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati.
  4. Mendatangkan kegembiraan dan ketentraman (di dalam) hati.
  5. Menguatkan hati dan badan.
  6. Membuat hati dan wajah berseri
  7. Melapangkan rizki.
  8. Menimbulkan kharisma dan rasa percaya diri.
  9. Menumbuhkan rasa cinta kepada Allah yang merupakan ruh Islam, inti agama, poros kebahagiaan dan keselamatan.
  10. Menumbuhkan perasaan bahwa dirinya diawasi Allah, sehingga mendorongnya untuk selalu berbuat kebajikan. Dia beribadah kepada Allah dan Allah melihat dirinya secara langsung
  11. Membuahkan ketundukan, yaitu kepasrahan diri, kepada Allah dan kembali kepada-Nya. Selagi dia banyak kembali kepada Allah dengan cara menyebut asma-Nya, maka dia pun akan kembali pada-Nya dengan hatinya, sehingga Allah menjadi tempat mengadu dan tempat kembali, kebahagiaan dan kesenangannya, tempat bergantung tatkala senang dan mendapat musibah.
  12. Membuahkan kedekatan kepada Allah. Semakin banyak seseorang berdzikir maka semakin dekat ia kepada Allah. Dan begitu pula sebaliknya.
  13. Membuka berbagai pinta ma'rifat selebar-lebarnya. Semakin banyak dia berdzikir, semakin lebar pintu ma'rifat yang terbuka baginya.
  14. Menumbuhkan rasa takut kepada Allah dan memuliakan-Nya.
  15. Membuatnya selalu diingat oleh Allah. sebagaimana firman Allah "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula)kepadamu..." (QS. Al-Baqarah:152)
  16. Membuat hati menjadi hidup.
  17. Dzikir merupakan santapan hati dan ruh. Jika hati dan ruh kehilangan santapannya, maka sama dengan badan yang yang tidak mendapatkan santapannya.
  18. Membersihkan hati dari karatnya. Segala sesuatu ada karatnya dan karat hati adalah lalai dan hawa nafsu. Sedangkan untuk membersihkan karat ini dengan taubat dan istighfar.
  19. Menghapus kesalahan dan menghilangkannya. Dzikir merupakan kebaikan yang paling agung. Sementara kebaikan dapat menyingkirkan keburukan.
  20. Menghilangkan kerisauan dalam hubungan antara dirinya dengan Allah. Orang yang lalai tentu akan dihantui kerisauan antara dirinya dengan Allah, yang tidak bisa dihilangkan kecuali dengan dzikir.
  21. Takbir, Tasbih, Tahmid, dan Tahlil yang diucapkan hamba saat berdzikir akan mengingatkannya saat dia di timpa kesulitan.
  22. Hamba yang mengenal Allah dengan cara berdzikir disaat lampang, menjadikan dirinya tetap mengenal Nya saat menghadapi kesulitan, dan Dia pun akan mengenalnya ketika itu.
  23. Berdzikir kepada Allah merupakan benteng yang kokoh dari keburukan-keburukan dunia dan akhirat, serta menyelamatkan diri dari ahzab Allah.
  24. Menyebabkan turunnya ketenangan, datangnya rahmat, dan para Malaikat mengelilingi orang yang berdzikir, sebagaimana disabdakan oleh Nabi Saw.
  25. Dzikir menyibukkan lisan agar tidak melakukan ghibah, adu dombaa, dusta, kekejian dan kebathilan. Siapa yang membiasakan lidahnya untuk berdzikir, maka lidahnya lebih terjaga (selamat) dari kebathilan dan perkataan yang sia-sia.
  26. Majelis dzikir merupakan majelis para Malaikat, sedangkan majelis kelalaian dan permainan merupakan majelis syaitan.
  27. Malaikat akan selalu memintakan ampunan kepada Allah bagi orang-orang yg berdzikir. Dan banyak berdzikir akan menghindarkan dari sifat nifaq,
  28. Orang yang senantiasa berdzikir kepada Allah akan merasa bahagia dan mendapat keberkahan, begitu pula orang yang dekat dengannya.
  29. Dzikir memberikan rasa aman dari penyesalan di hari kiamat karena majelis yg didalamnya tidak terdapat dzikir kepada Allahkan menjadi penyesalan pada hari kiamat.
  30. Berdzikir kepada Allah sambil meneteskan air mata dikala sendiri akan melindungi pelakunya dari panas matahari di padang Mahsyar pada hari kiamat karena dia dilindungi oleh 'Arsy Allah. 
Sebenernya masih ada 20 point lagi, tapi nanti Insya Allah akan disambung dipembahasan berikutnya.

Moga bermanfaat dan membuat kita terus termotivasi untuk selalu mengingat Allah (berdzikir) dalam keadaan apapun.


0 comments:

Post a Comment