Ciri-ciri orang yang berakal dan mengingat Allah

Saturday, January 10, 2015

Mau berbagi ilmu yang didapat dari tadabut Quran surat Ali Imran ayat 190-193

Arti surat ali imran ayat 190"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal"

Ciri-ciri orang yang berakal:
1. senantiasa menjawab aku mendengar dan aku taat (samina wa atho'na), maksudnya adalah selalu menjalankan perintah-perintah Allah.
2. senantiasa berorientasi pada akhirat. Memprioritaskan apa yg dikerjakan itu untuk perbekalannya di akhirat. Maksudnya adalah Org2 yg mempersiapkan diri untuk bekalnya di akhirat kelak. (yaitu seperti dijelaskan di surat Ali Imran ayat 191) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.)
Menurut ibnu Qayim al jauzi "Org-oranh yg mengingat Allah (berdzikrullah) itu":

1.Yaitu org-orang yg mencintai Allah. Dan jika Allah sudah mencintai seorang hamba-Nya Allah akan menyeru kpd penduduk langit utk mencintai org tersebut. (Org-orang yg senantiasa mengingat Allah dalam hidupnya, Allah akan mencintainya)

2. Org-orang yg selalu menyerahkan diri kpd Allah. Memasrahkan diri dihadapan Allah. Ketika itu Allah akan memberikan energi kepada kita untuk melakukan sesuatu yg baik.

3. Org-orang yg senantiasa Allah ingat pula. Seperti salah satu hadits jika kau mendekati Allah dgn berjalan maka Allah akan mendekati mu dgn berlari.

4. Org2 yg mengingat Allah maka Allah akan tinggikan derajatnya. Seperti di surat Ali Imran ayat 192 "Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun."
5. Org2 yg memiliki cahaya. Dimana cahaya itu dapat menerangi org2 disekitar kita. Seperti di surat Ali Imran ayat 193 "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti."

0 comments:

Post a Comment