Oke, sudah masuk bulan baru, berarti min harus buat satu postingan, entah itu postingan berisi motivasi informasi, atau sekedar gurauan alias becandaannya se belo dan begeng. Kali ini min mau share cara pembuatan daftar isi secara otomatis. Untuk percobaan pembuatan daftar isi secara otomatis ini, min gunain microsoft word 2010. Kurang lebih sama antara microsoft word 2007 dan 2010.
Yuk ah langsung aja, berikut cara-caranya:
1. Setiap
bab dan sub bab yang mau dimasukkan kedalam daftar isi diberikan heading,
seperti contoh berikut ini:
Heading 1
diberikan kepada setiap bab.
Heading 2
diberikan kepada setiap sub bab seperti 1.1 dst
Heading 3
diberikan kepada setiap sub sub bab seperti 1.1.1 dst
2. Setelah
semuanya sudah diberikan heading nya, maka dapat langsung di buatkan daftar isi
secara otomatis, tetapi untuk meng cek apakah semuanya sudah di heading dapat
dilihat melalui cara berikut. Klik menu view à
pilih navigation pane (dichecklist) maka akan tampil seperti gambar dibawah
ini:
Setelah di cek
sudah semua di headingkan, maka langkah selanjutnya siapkan satu halaman khusus
untuk daftar isi, silakan kamu menulis tulisan DAFTAR ISI lalu pilih menu
reference à
table of content à
insert table of content. Seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu maka
akan tampil seperti ini
Tab leader
berguna untuk memilih apakah daftar isi nya mau pakai …….. atau tidak. Jika sudah
dipilih semuanya maka dapat langsung klik ok dan akan tampil daftar isi seperti
dibawah ini:
3. Jika
nantinya aka nada tambahan atau pengurangan isi dari skripsi kita, maka untuk
ubah secara otomatis daftar isi nya adalah dengan cara berikut:
a. Klik daftar isi, lalu
b.
Klik kanan dan pilih update field
c. Lalu pilih update
entire table
Seperti gambar
dibawah ini:
Setelah di klik
OK maka akan secara otomatis halamannya serta nama-nama dari sub bab berubah
sesuai perubahan yang telah kita lakukan.
Semoga
bermanfaat kawan.
Pamulang, 3 Mei
2015 8:27 AM / 14 Rajab 1436 H
1 comments:
tengkyuu indahh :)
Post a Comment