GALAU

Wednesday, September 2, 2015

Wuaaah ga kerasa udah masuk september lagi, tandanya min harus memposting sesuatu di blog ini. Kali ini min mau posting tentang G spasi A spasi L spasi A spasi U. Jadinya kalo disambung GALAU. *jebreeeet apa itu galau se? Kayaknya lagi tenar banget kata-kata itu di kalangan anak muda jaman sekarang *maklum kalo min mah bukan anak kekinian hehe

Galau adalah sebutan perasaan hati kita, yang selalu memikirkan diluar jangkauan atau belum terjadi atau ? Mengadai-andaikan sesuatu yang buruk yang telah terjadi lalu di kalau-kalaukan, misalnya haduh, saya salah coba kalau tadi gak begini, kan akhirnya gak begitu. Kegalauan sebutan yang sedang naik daun, di mana kata-kata itu menandakan seseorang tengah dilanda rasa kegelisahan, kecemasan, serta kesedihan pada jiwanya.

Naaah, ternyata ada beberapa ayat di Al Qur'an yang berisi tentang galau *cara ga galau maksudnya. Ini dia ayat-ayatnya. Yuk ah di cek dulu:
Allah Taala berfirman, Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kami? (QS. At Taubah: 40)
Ayat di atas mungkin dapat menjadikan kita agar lebih merenungi lagi terhadap setiap masalah apapun yang kita hadapi. Dalam setiap persoalan yang tak kunjung terselesaikan, maka hadapkanlah semua itu kepada Allah Ta'ala.
Pada dasarnya, manusia adalah sosok makhluk yang lemah dan bergelimang dosa. Wajar jika disebut sebagai makhluk yang paling sering dilanda kecemasan, apalagi ketika dihadapkan pada permasalahan hidup. Inilah fitrah bagi setiap insan yang memiliki akal pikiran dan tidak perlu dirisaukan karena Allah Subhanahu Wata’ala telah menyiapkan penawarnya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wata’ala di dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat ke 28 yang artinya :
الَّذِينَ آمَنُواْ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللّهِ أَلاَ بِذِكْرِ اللّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah hati menjadi tenteram.”
Orang yang senantiasa mengingat Allah Subhanahu Wata’ala Ta’ala dalam segala hal yang dikerjakannya, tentu akan memiliki dorongan positif pada diri dan jiwanya. Karena dengan mengingat Allah Subhanahu Wata’ala dalam menghadapi segala persoalan, dijamin pikirannya akan cerah dan bijak serta jiwanya diselimuti ketenangan akan datangnya bantuan Allah Subhanahu Wata’ala. Dan sudah merupakan janji Allah Subhanahu Wata’ala Ta’ala, bagi siapa saja yang mengingatnya, maka didalam hatinya pastilah terisi dengan ketentraman-ketentraman yang tidak bisa didapatkan melainkan hanya dengan mengingat-Nya.

Dan ada kata-kata kawan yang bilang galau itu cuma perantara Allah negur kita karna kita udah lalai, jadi kalau lagi galau neh inget Allah, kembali sama Allah.. Inget, Allah Maha Membolak balikkan hati, galau itu pasti hilang kalau udah inget Allah. *NTMS. Nah kalau lagi galau itu cepetan deh larii, ambil wudhu trus sholat ngadu deh sama Allah.

Semoga bermanfaat buat yang lagi galau, dan semoga terus menjadi pengingat buat min agar ketika galau langsung bisa move on dan ga galau lagi. Aamiin


Slipi, 18 Dzulqa'dah 1436 H/ 2 September 2015

0 comments:

Post a Comment