10 Cara Alami Redakan Nyeri

Thursday, January 2, 2014

Mau repost artikel dari detikhealth.com pada tanggal 2 Januari 2014 tentang 10 cara alami dan jarang digunakan orang untuk meredakan nyeri fisik maupun nyeri mental yang dialaminya, seperti dikutip dari Huffingtonpost, berikut ini.

1. Tertawa
Ini tentu bukanlah obat yang sebenarnya, namun manfaatnya terhadap kesehatan tak dapat diremehkan. Selain meredakan stres, membakar kalori dan memanjangkan umur, tertawa juga bisa jadi obat pereda nyeri alami. Tampaknya ini karena tertawa memicu munculnya endorfin, zat kimiawi yang membuat seseorang merasa lebih baik.

2. Berhenti merokok
Cara ini juga bisa jadi alasan lain agar Anda makin semangat berhenti merokok. Dalam sebuah studi pada penderita nyeri punggung, mereka yang tak pernah merokok mengaku jarang mengalami ketidaknyamanan.

Studi yang sama juga memastikan jika merokok merupakan salah satu faktor risiko nyeri punggung dan gangguan sendi. Tak heran jika perokok dilaporkan paling sering mengalami nyeri pada bagian-bagian tubuh ini.

3. Jauhi stres
Saat stres, tubuh memperlihatkan respons fisik seperti jantung berdebar-debar, nafas memburu serta otot menegang. Dan ternyata respons serupa juga diberikan oleh tubuh ketika menghadapi rasa nyeri. Bahkan WebMD melaporkan, mengingat-ingat kejadian yang buruk atau traumatis saja sudah bisa meningkatkan tekanan pada otot, terutama pada pasien nyeri punggung kronis.

Menurut sebuah studi di tahun 2013, makin tinggi stresnya, makin tinggi juga kadar kortisol (hormon stres) yang dilepaskan di dalam darah. Akibatnya seseorang makin rentan terkena rasa sakit
4. Tidur
Sebuah studi di tahun 2012 mengungkapkan tidur tak hanya melindungi memori, mood serta lingkar pinggang seseorang, tapi juga meningkatkan sensitivitas seseorang terhadap rasa sakit.

5. Jatuh cinta
Jatuh cinta tak hanya berjuta rasanya, namun juga memperpanjang umur, menurunkan tingkat stres dan penyakit serta meningkatkan kehidupan seksual, termasuk meredakan nyeri. Dalam sebuah studi, 17 wanita dibagi menjadi dua kelompok. Yang satu dipapari nyeri pendek sambil diperbolehkan melihat foto pasangannya, sedangkan kelompok satunya tidak.

Terbukti mereka yang boleh melihat wajah kekasih atau suaminya mengaku nyeri yang dirasakannya tak begitu intens. Peneliti pun menerangkan, ini karena bagian otak yang diaktivasi ketika melihat foto pasangan saat dipapari nyeri merupakan bagian yang berkaitan dengan perasaan aman. Bahkan makin lama hubungan itu terjalin, makin tinggi aktivitas di dalam bagian otak tersebut.

6. Mengumpat
Ternyata aktivitas ini punya manfaat pereda nyeri yang sangat kuat. Dalam sebuah studi di tahun 2009, 67 orang diminta bergandengan tangan ketika 'ditaruh' di dalam bak air dingin. Dan ternyata mereka yang diijinkan untuk mengumpat bisa bertahan 40 detik lebih lama di dalam bak tersebut.

Jadi mengumpat boleh-boleh saja asal jangan sembarangan, karena studi lain memastikan keampuhan kata-kata umpatan dalam meredakan nyeri akan cenderung menurun jika sering digunakan tanpa alasan.

7. Pilih-pilih makanan
Rasa nyeri adalah salah satu gejala penting adanya peradangan dalam tubuh, di samping kulit memerah, pembengkakan atau munculnya rasa tak nyaman. Dan ternyata pola makan tertentu dapat memberi pengaruh positif atau negatif terhadap peradangan itu sendiri.

Misalnya diet Mediterania yang kaya omega 3, buah, sayuran dan gandum utuh telah lama dikenal dapat menangkis nyeri akibat peradangan. Sebaliknya gandum olahan, gula berlebih, lemak jenuh dan lemak trans diketahui dapat menyebabkan peradangan dan tentu saja mendorong munculnya nyeri di tubuh

8. Aktif bergerak
Saat merasa nyeri, banyak orang berpikir olahraga akan memperburuk keadaan. Padahal beberapa studi mengatakan latihan fisik (yang dilakukan secara aman) justru dapat meredakan rasa sakit. Pasalnya olahraga dapat memicu endorfin.

Sebuah studi di tahun 2012 juga menemukan olahraga ternyata dapat mengurangi kadar zat dalam tubuh yang dapat memicu peradangan yaitu sitokin. Health.com melaporkan olahraga pun bisa menambah mood dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang dengan nyeri kronis.

0 comments:

Post a Comment