Manajemen Basis Data

Friday, October 3, 2014
Sistem manajemen basis data merupakan perangkat lunak program yang menyediakan akses ke sebuah basis data. Sistem manajemen basis data dapat menambah, menghapus, memelihara, menampilkan, mencetak, mencari, memilih, mengurutkan serta memperbarui data (Turban et al, 2006). Sistem manajemen basis data merupakan perangkat lunak yang membolehkan pembuatan, modifikasi dan pembaharuan basis data, juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali data dan membangkitkan laporan (Kendall dan Kendall, 2003). Sistem manajemen basis data adalah program yang mengatur basis data. Sistem manajemen basis data menyediakan akses tambah, ubah dan tangkap data dari basis data (O’Leary dan O’Leary, 2003). Sistem manajemen basis data menyediakan beberapa fasilitas, yaitu (Connolly dan Begg, 2002):
1.      Bahasa Definisi Data: memperbolehkan pengguna untuk membuat spesifikasi tipe data, mendefinisikan basis data, struktur data dan constraint data untuk disimpan dalam basis data.
2.      Bahasa Manipulasi Data: memperbolehkan pengguna untuk mamasukkan, memperbaharui, menghapus dan mengirim atau mengambil data dari basis data.

Berdasarkan uraian tersebut, sistem manajemen basis data adalah suatu perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, memodifikasi dan memelihara basis data.

0 comments:

Post a Comment