MySQL

Friday, October 3, 2014
MySQL adalah suatu sistem manajemen basis data relasional yang mendukung basis data yang terdiri atas sekumpulan relasi atau tabel (Peranginangin, 2006). MySQL adalah sebuah program pembuat basis data yang bersifat open source. MySQL dapat dijalankan pada semua platform baik Windows maupun Linux. Basis data MySQL adalah basis data yang sangat powerfull, stabil dan mudah. MySQL sangat banyak dipakai dalam sistem basis data web dengan menggunakan PHP (Nugroho, 2004). MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Di mana setiap orang bebas menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersil. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basis data sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basis data, terutama untuk pemilihan seleksi dan pemasukan data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Sebagai basis data server yang memiliki basis data modern, MySQL memiliki banyak keistimewaan, yaitu (Prasetyo, 2002):
1.      Portabel
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X dan lain-lain.
2.      Open Source
MySQL dapat digunakan tanpa dipungut biaya sepeserpun.
3.      Banyak Pengguna
MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4.      Performance Tuning
MySQL dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5.      Tipe Kolom
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed atau unsigned integer, float, double, char,varchar, text, blob, date time, timestamp, year, set serta enum.
6.      Fungsi
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
7.      Keamanan
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnet mask, nama host dan izin akses pengguna dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.
8.      Scalability and Limits
MySQL mampu menangani basis data dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Batas indeks yang dapat ditampung dalam 32 (tiga puluh dua) indeks pada tiap tabel.
9.      Konektifitas
MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix Soket (UNIX) atau Named Pipes (NT).
10.  Localisation
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan (error code) pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 (dua puluh) bahasa.
11.  Antarmuka
MySQL memiliki antarmuka terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk administrasi basis data.
12.  Alat
MySQL dilengkapi dengan berbagai alat yang dapat digunakan untuk administrasi basis data dan pada setiap alat yang ada disertakan petunjuk online.
13.  Struktur Tabel
MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE dibandingkan dengan basis data lainnya.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa MySQL merupakan sebuah program pembuat basis data yang bersifat open source dan portable.

0 comments:

Post a Comment