Hidupkan Hidupmu ! Part 1

Friday, November 7, 2014
Yuhu, dapat buku keren dari kaka dan ade-ade yang sholihah in syaa Allah. Jazakillahu khoyron bukunya. Salah satu bukunya adalah "Hidupkan Hidupmu! 118 ide penyemangat Hidup" karya Syaikh Musy'il Abdul Aziz Al-Falahi. Mau share isi dari buku ini, tapi karena belum baca semuanya maka dari itu dibuat menjadi beberapa part yaaa. Yuk ah cekidot:

1. Harapan
Tidaklah seorang muslim yang ditimpa musibah dalam bentuk kelelahan, sakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, dan kecemasan, melainkan Allah menghapuskan darinya kesalahan dan dosa hingga duri yang menusuknya juga sebagai penghapus dosa". (HR. Al-Bukhari)
Sejatinya, kehidupan setiap manusia senantiasa penuh dengan berbagai cobaan dan rintangan yang merupakan  bagian dari taqdir Allah di dunia. Maka hadapilah semua cobaan itu dengan sikap ridha serta mengharapakna pahala dari Allah SWT, berjuanglah untuk membangun harapan baru yang lebih baik.

"Gelapnya waktu malam adalah bukti akan munculnya fajar dengan terbitnya matahari. Segelap apa pun malam, pasti selalu akan diakhiri dengan datangnya waktu siang. begitu juga sebaliknya, waktu siang sepanas apapun suhunya pasti akan diakhiri dengan datangnya malam yang dingin. Sebagaimana kesehatan akan menjulurkan tangannya kepada setiap orang yang sedang sakit, begitu juga kebahagiaan senantiasa membuka pelukannya untuk seiap orang yang bersedih"

2. Nikmatilah waktumu
Maka manfaatkanlah waktumu sekarang dengan mengucapkan kata-kata yang baik, senyuman penuh keikhlasan, dan dengan amalan yang diharapkan ganjarannya di hari esok dengan sebaik-baik ganjaran.
Nikmatilah hidupmu yang sekarang baik ketika dirumah, dijalan, ditempat Anda bekerja maupun ketika bertemu dengan orang yang dicintai. Nikmatilah dengan cara yang bisa menambah amalan kebaikanmu, membuat berkah hidupmu, serta mendapatkan bagianmu dari dunia ini. Maka waktu-waktu yang Anda lewati akan terasa lebih indah.

3. Kebebasan
Seseorang tidak akan pernah merasakan indahnya hidup sebelum dia dapat menjiwai kehidupannya kemudian mengimplementasikan sebuah kebebasan dengan caranya sendiri, serta selalu percaya bahwa kebebasan adalah milik setiap orang. Tidak ada seorangpun yang dapat merampas kebebasan dari dirinya.
Maka, ketika seseorang dapat berjalan tanpa ada rasa takut kepada siapapun serta kekhawatiran akan masa depan, dia akan dapat mengukir sejarah dirinya dengan tinta emas.

4. Penyakit hati
Penyakit hati yang paling banyak bersemayam di hati manusia adalah sifat dengki, kemunafikan, dan dendam. Tetapi disisi lain, penyakit inilah yang paling tidak disadari oleh banyak orang. Maka inilah yang banyak membuat manusia mengakhiri kehidupannya dengan su'ul khotimah, tidak mendapat kenikmatan akhirat sedikitpun, dan yang lebih parah lagi mereka ditempatkan di neraka.

Mengetahui penyebab munculnya penyakit-penyakit hati serta bagaimana cara terhindar darinya adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap orang. Penyembuhannya tidak memerlukan ke rumah sakit ataupun uang. Tetapi obatnya hanyalah Al-Qur'an, memperbaiki hubungan dengan Allah, mengetahui hakikat kenikmatan dunia yang sementara, serta mengetahui bahwa kehidupannya akan menuju titik akhir yaitu kematian.

5. Jadikan dirimu indah
Jadikan dirimu indah setiap saat, sesungguhnya keindahan yang hakiki adalah ruh yang bersinar, hati yang mencintai, dan senyuman yang tulus yang Anda berikan kepada setiap orang dimanapun berada.
Keindahan paras tidak akan sempurna tanpa diikuti dengan keindahan hati. Ketahuilah, bahwa jiwa yang tulus akan mencuri perhatian dan cinta orang lain, serta membuat hati orang lain selalu ingin melihatnya. kemudian ketika melihatnya dia akan mengerti tentang arti cinta yang sesungguhnya.


Slipi
14 Muharram 1436 H/ 7 November 2014
3:27 PM

1 comments:

Unknown at: April 25, 2015 at 6:04 PM said...

terimakasih yaa

Post a Comment