Hidupkan Hidupmu! Part 2

Saturday, November 8, 2014
Yuk kita lanjut lagi isi dari buku Hidupkan Hidupmu! Kemaren baru sampe point 5 dari 118 point. Mari kita lanjut:

6. Kebahagiaan
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS. An-Nahl:97)
Ayat ini menjelaskan kepada setiap orang, bagaimana meraih kebahagiaan tanpa perlu mencarinya kemana-mana. Tapi, untuk menjadi orang yang bahagia harus ada pengorbanan yang diberikan sehingga ia dapat merasakan sebuah hakikat kebahagiaan yang sesungguhnya.

Kebahagiaan itu akan didapat jika seseorang berpegang teguh pada agama ini, dengan mengamalkan ajaran-ajarannya. Ketika hal itu dikerjakan, maka perjalanan mereka menuju akhirat dilakukan tanpa menoleh sedikitpun kepada apa yang ada di dunia ini, hidupnya hanya untuk mempersiapkan bekal menghadap Allah dengan segala kebaikan.

7. Tujuan
Banyak orang yang gemar menyaksikan pertandingan olahraga lalu menjadikannya sesuatu yang tak terpisahkan dalam hidup mereka. Tetapi, pada akhirnya mereka tidak mendapatkan manfaat positif dari kegemarannya itu. Contoh dalam suatu pertandingan bola: bertanding tanpa ada tujuan, membuat suatu kemenangan dan kekalahan tidak mempunyai rasa apa pun. Ketika tujuan itu hilang, maka hilanglah semuanya.

8. Kehidupan adalah kesempatan
"Celakalah bagi orang yang disebutkan namaku disisinya tapi ia tidak bershalawat untukku, dan celaka bagi orang yang melewati bulan ramadhan tapi dosanya tidak diampuni oleh Allah, dan celaka bagi orang yang masih dapat bersama kedua orang tuanya atau salah satunya hingga tua tapi ia tidak bisa masuk surga karenanya". (HR. At-Tirmidzi)
Pelajaran diatas dapat menyadarkan kita, bagaimana cara menggunakan kesempatan dengan bijak demi meraih yang terbaik. Saya ingin katakan bahwa, setiap detik yang kita lalui berisi kesempatan, dan dimanapun kita berada disanalah kesempatan lainnya sedang menanti. Maka, kesempatan itu sesai dengan umur yang dimiliki oleh seseorang.
Maka, jadilah seseorang yang cerdas dalam menggunakan kesempatan, jadikanlah setiap waktumu menjadi waktu yang produktif, dan tinggalkanlah pengaruh baik dalam setiap kesempatan yang kamu lalui.

9. Jangan meremehkan sekecil apa pun perbuatan baik
"Jangan pernah meremehkan sekecil apapun perbuatan baik", ini adalah pesan singkat dari Rasulullah SAW untukmu. Sadarilah bahwa, meremehkan sekecil apa pun perbuatan baik dapat menghilangkan besarnya pahala yang sedang menantimu.
Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, nasihat adalah sedekah, memudahkan urusan orang lain di dunia dapat memudahkan urusanmu di akhirat kelak, Allah selalu ada untuk menolongmu selama kau mau menolong orang lain.

10. Pasanganmu
"Tidak pantas bagi seorang laki-laki yang beriman meremehkan wanita yang beriman. Jika ia tidak menyukai darinya satu sikap, pasti ia puas dengan sikap yang lainnya." (HR. Muslim)
Jika kita menginginkan kebahagiaan, maka kita harus menyadari bahwa pasangan kita adalah yang terbaik, pilihan dari Allah.
Kita harus menerimanya apa adanya. Kita juga harus menyadari betapa banyak kelebihan-kelebihan yang ia miliki. Yang paling penting adalah selalu memanjatkan doa kepada Allah agar pasangan kita menjadi penyejuk mata dan pembangkit semangat.


Slipi
15 Muharram 1436 H/ 8 November 2014


12.31 PM

0 comments:

Post a Comment