Bahaya Harta Haram !!

Saturday, January 12, 2013

Diantara bahaya memakan harta haram adalah:

  1. Pertama, pelakunya akan masuk neraka. “Barang siapa yang mengambil hak milik orang muslim dengan menggunakan sumpah, maka Allah akan mewajibkannya masuk neraka dan diharamkan masuk surge. Seorang bertanya, Walaupun barangnya kecil, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Walaupun sepotong kayu arok.” (HR Muslim, Nasai, ad-Darami dari Abu Umamah)
  2. Kedua, pemakan haram tidak akan mencapai derajat takwa. Orang bertakwa adalah ahli surge dari Atiyyah as-Sa’di, Rasulullah SAW bersabda, “Seorang hamba tidak akan mencapai derajat muttaqin sampai meninggalkan sebagian yang halal karena khawatir terperosok pada yang haram.”Ketiga, orang yang makan makanan haram kesadaran beragamanya sempit, artinya tidak banyak beramal yang mendapat pahala sehingga mudah masuk neraka.” Seorang mukmin akan berada dalam kelapangan agamanya selama tidak makan yang haram. (HR Bukhari).

Keempat, pemakan harta haram tidak diterima amalnya dan ditolak doanya. “Demi Zat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, seorang yang memasukkan sekerat daging haram ke perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan barang siapa yang dagingnya tumbuh dari barang haram dan rib amaka aneraka utama untuk membakarnya.” (HR Muslim, Tirmidzi, Ahmad dan ad-Darami).
Orang yang makan harta haram sama dengan berusaha menghancurkan dirinya, merusak ibadahnya, mempermainkan doanya dan menghancurkan keluarga serta keturunannya.

*sumber dari Hikmah oleh KH Achmad Satori Ismail Koran REPUBLIKA edisi 12 Januari 2013

0 comments:

Post a Comment