Julukan-Julukan Abu Bakar r.a

Monday, January 21, 2013
Masya Allah kereeeeen bangeeeet bangeeeeet biografi alias kisah hidupnya kekasih dan sahabat Rasulullah Abu Bakar r.a. Naaah sekarang indah mau ngepost tenang julukan-julukan yang dipunya oleh Abu Bakar r.a.
Julukan yang paling terkenal buat Abu Bakar r.a adalah al-Shiddiq ( jujur dan membenarkan) Jika nama Abu Bakar r.a disebutkan, sifat jujur pasti disertakan dan jika sifat jujur disebutkan, keimanan tak dapat dilepaskan, dan keduanya melekat pada sosok Abu Bakar r.a. Selain al-Shiddiq Abu Bakar juga memiliki julukan al-Rafiq (Sang Sahabat) karena Ia adalah kawan dekat dan sahabat Nabi di dunia dan di akhirat. Disebut al-Syafiq (Sang Pengasih) karena ia memerdekakan beberapa budak. Disebut al-Rahiq (pemberani), karena ketika menemui dan berhadapan dengan org2 musyrik, Ia tidak segan2 menyeru meraka untuk beriman kepada Allah.
Disebut al-Raqiq (yang berhati lembut) karena Ia mudah menangis disebabkan rasa takutnya yang begitu besar kepada Allah.Dijuluki al-Sabiq (yang lebih dulu, atau sang juara) karena ia adalah sahabat Nabi yang selalu lebih dulu menuju kebaikan. Dijuluki al-'Atiq (yang suci), karena keindahan dan kebeningan wajahnya.  Dijuluki al-Watsiq (yang kokoh) karena Abu Bakar r.a selalu memelihara hubungan yg kokoh dan mantap dengan Allah Swt. Disebut al-Amiq ( yang dalam) karena kedalaman imannya kepada Allah Swt. Dijuluki al-Shadiq (kawan setia) karena ia merupakan sahabat Nabi sejak masa kanak-kanak sehingga Rasulullah bersabda, "Seandainya aku harus memilih seorang sahabat karib (khalila), aku akan memilih Abu Bakar. Bahkan ia adalah saudara dan sahabatku.
Dijuluki al-Daqiq (yang mendalam) karena ia memahami sesuatu yang tidak dipahami orang lain. Dijuluki al-Khaliq (mahluk istimewa), karena ia diciptakan untuk memimpin dan dialah yg paling berhak atas kekhalifahan setelah Rasulullah. Dijuluki al-Syujja (yang pemberani), karena ia dikenal sebagai pejuang yang sangat pemberani.

#Sumber Buku Kisah Hidup ABU BAKAR AL-SHIDDIQ Hal 39-47

0 comments:

Post a Comment