Dampak Mengonsumsi Barang Haram Part III

Sunday, January 20, 2013
seperti janji gw waktu itu, kalo gw akan ngepost lagi dari buku #HalalIsMyWay dampak mengonsumsi barang haram part III yaitu kerugian secara sosial.

ketika Allah menetapkan aturan tentang makanan dan minuman yg diharamkan, ternyata hal itu memiliki dampak begitu besar terhadap tubuh jika kita mengonsumsinya. Tidak hanya itu, ternyata makanan dan minuman haram juga berpengaruh kepada hati serta perangai kita. Makanan dan minuman yg buruk tersebut bisa merusak tabiat manusia. Allah mengharamkan makanan2 yg buruk lantaran mengandung unsur yg dapat menimbulkan kerusakan, baik pada akal, ahlak, ataupun aspek lainnya. Keganjilan perilaku tampak pada org2 yang menghalalkan makanan dan minuman yg haram tersebut, sesuai dgn kadar kerusakan yg terkandung dalam makanan tersebut.
Didalam makanan yg kita konsumsi ada zat yg namanya asam amino. zat ini sangat penting dalam penyusunan DNA, yg akan memengaruhi sifat2 kita sehingga menghasilkan suatu perbuatan. Dari proses pembentukan dan penyusunan DNA yg sederhana ini akhirnya menghasilkan bentuk kompleks dan luar biasa, yaitu sifat dan karakter manusia. Bayangkan, apabila satu org saja mengalami efek negatif dalam perilaku dan perangainya, dampaknya akan terasa pada dirinya sendiri dan lingkungan terdekatnya. Dan, apabila dialami oleh beberapa org dalam sebuah komunitas, pastilah akan berpengaruh lebih besar lagi secara sosial. Contohnya, ketika kita berbuat korupsi disuatu tempat. korupsi adalah perbuatan haram, bukan? Nah, apabila dilakukan oleh satu org, lingkungan disekitarnya akan mengalami kerugian, terlebih jika dilakukan secara massal dalam sebuah negara. Betapa meruginya rakyat.
Begitu pula ketika kita mengonsumsi barang haram berupa makanan dan minuman. Dampak sanksi yg diberikan Allah serta efek bagi tubuh akan memengaruhi lingkungan terdekat kita, minimal di dalam keluarga. Seseorang yg suka meminum minuman keras, awalnya hanya minum sedikit, lama-kelamaan menjadi mabuk, lupa ingatan, akhirnya perangainya keras dan ringan tangan. Belum lagi ketika dia keluar ke lingkungan yg lebih besar. Banyak terjadi kasus kecelakaan kendaraan yg mengakibatkan kematian karena pengemudinya mabuk. Tidak hanya dirinya yg mengalami celaka, tetapi keluarga, bahkan masyarakat.

#sumber buku Halal Is My Way Hal 28-30
yuuuk follow twitternya di @halalcorner
buka juga websitenya disana ada apikasi buat nyari produk-produk halal dari MUI ini link nya http://app.myhalalcorner.com/app_kategori.php

1 comments:

fiki zaini at: January 20, 2013 at 8:13 PM said...

Mantab, berarti harus hati2 semuanya ya :D

Post a Comment