Intisari Kajian #The Rabbaanians "PERSAHABATAN, WAHAI RASULULLAH"

Thursday, December 22, 2016

INTISARI KAJIAN
The Rabbaanians *"PERSAHABATAN, WAHAI RASULLULLAH SHALLALLAHU’ALAIHI WA SALLAM"*
Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri
Rabu, 21 Rabiul Awwal 1438H (22 Desember '16)
.
Ketika tiba saatnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengizinkan Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam untuk hijrah dari kota Mekkah ke Madinah, para sahabat pun bersegera menyambut seruan Allah dan Rasul-Nya untuk berhijrah. .
Para sahabat meninggalkan kampung halamannya, meninggalkan sebagian besar harta bendanya, meninggalkan rumahnya, menuju daerah yang belum mereka kenal baik sebelumnya. Perjalanan 460km menuju Madinah dilakukan bertahap, ada yang menempuh perjalanan secara sembunyi-sembunyi, ada pun yang terang-terangan. Di antara mereka ada yang menempuh perjalanan secara sembunyi-sembunyi, ada pula yang terang-terangan. Ada yang memilih waktu siang dan tidak sedikit pula yang menjadikan malam sebagai awal perjalanan.
.
Dan salah satu sahabat yang bersegera memenuhi seruan Allah dan Rasul-Nya untuk berhijrah, ialah Abu Bakar RadhiAllahu’anhu. Namun sekalipun telah berkali-kali meminta izin kepada Rasullullah Shallallahu’alaihi wa sallam, Abu Bakar RadhiAllahu’anhu senantiasa diminta bersabar dan menahan diri dahulu. Sehingga Rasullullah Shallallahu’alaihi wa sallam membesarkan hati Abu Bakar RadhiAllahu’anhu dengan bersabda:
.
لَا تَعْجَلْ، لَعَلَّ اللهُ يَجْعَلُ لَكَ صَاحِبًا
“Jangan terburu-buru. Semoga Allah menjadikan untukmu teman (hijrah).”
.
Karena bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berharap Abu Bakar menjadi teman shafar dalam perjalanan hijrahnya. .
Tak lama kemudian berganti hari, Rasullullah Shallallahu’alaihi wa sallam tiba-tiba mengunjungi rumah Abu Bakar RadhiAllahu’anhu di luar jam-jam kunjungan Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam biasa mengunjunginya. .
Aisyah RadhiAllahu‘anha yang saat itu berada di rumah Abu Bakar RadhiAllahu’anhu mengatakan, “Saat kami sedang berada di rumah Abu Bakar, ada seorang yang mengabarkan kepada Abu Bakar kedatangan Rasulullah dengan menggunakan cadar (penutup muka). Beliau datang pada waktu yang tidak biasa”.
Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta izin untuk masuk, dan Abu Bakar RadhiAllahu’anhu mengizinkannya. Beliau bersabda, “Perintahkan semua keluargamu untuk hijrah”. Abu Bakar RadhiAllahu’anhu menjawab, “Mereka semua adalah keluargamu wahai Rasulullah”.

.
Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam kembali mengatakan, “Sesungguhnya aku sudah diizinkan untuk hijrah”. Abu Bakar RadhiAllahu’anhu menanggapi, “Apakah aku menemanimu (dalam hijrah) wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Iya.” .
Abu Bakar RadhiAllahu’anhu pun menangis bahagia, karena menemani Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam berhijrah. Abu Bakar RadhiAllahu’anhu berkata, "Persahabatan, Wahai Rasullullah!”
.
Aisyah RadhiAllahu‘anha mengatakan, “Demi Allah! Sebelum hari ini, aku tidak pernah sekalipun melihat seseorang menagis karena berbahagia. Aku melihat Abu Bakar menangis pada hari itu”. Subhanallah! Perjalanan berat yang mempertaruhkan nyawa itu, Abu Bakar sambut dengan tangisan kebahagiaan. Tak lain tergerak karena besarnya kecintaannya pada sahabatnya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.
.
Memang kita belum berkesempatan bertemu langsung kepada Rasullullah Shallallahu’alaihi wa sallam pada masa hidupnya, sehingga kita tidak dapat mewujudkan rasa cinta persahabatan kita karena Allah kepada Rasullullah Shallallahu’alaihi wa Sallam secara langsung ke beliau. .
Namun jika takdir tidak memungkinkan kita menjadi sahabat Rasullullah Shallallahu’alaihi wa Sallam secara langsung, maka jadilah orang yang bersahabat dengan sunnah-sunnah-nya. .
Sehingga kita termasuk dalam orang-orang yang bersahabat dengan Rasullullah Shallallahu’alaihi wa Sallam karena Allah, dan dapat meresapi kalimat penuh cinta yang Abu Bakar RadhiAllahu’anhu ucapkan; "Persahabatan, Wahai Rasullullah!”
.
Yuk ngumpul lagi di kajian The Rabbaanians berikutnya
.
Dapatkan broadcast info kajian & artikel ilmu insyaAllah di:
Whatsapp: 087878405003
Pin BBM: 5E080D91
Instagram @the_rabbaanians
FB fan page: The Rabbaanians


Sumber: The Rabbaanians

1 comments:

Unknown at: March 17, 2020 at 12:46 AM said...

According to Stanford Medical, It's indeed the ONLY reason this country's women live 10 years more and weigh on average 19 KG less than us.

(And realistically, it is not related to genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING about "HOW" they are eating.)

P.S, I said "HOW", not "what"...

Tap on this link to uncover if this quick test can help you release your real weight loss potential

Post a Comment