Apakah Sholat ku diterima oleh Allah??

Thursday, December 22, 2016
Yups, apakah sholat ku diterima oleh Allah? Bagaimana tanda-tanda jika sholat ku diterima oleh Allah? kalau aku sudah sholat tapi masih melakukan maksiat, apakah sholatku benar? Karena menurut Allah, sholat itu mencegah dari perbuatan maksiat. Yuk ah dikupas mengenai apakah sholat ku diterima oleh Allah. Berikut kriteria-kriteria jika sholat kita diterima di sisi Allah


Dalam hadis Qudsi dijelaskan kriteria shalat yang diterima Allah SWT; Sesungguhnya Aku (Allah SWT) hanya akan menerima shalat dari orang yang dengan shalatnya itu dia merendahkan diri di hadapan-Ku. Dia tidak sombong dengan makhluk-Ku yang lain. Dia tidak mengulang maksiat kepada-Ku. Dia menyayangi orang-orang miskin dan orang-orang yang menderita. Aku akan tutup shalat orang itu dengan kebesaran-Ku. Aku akan menyuruh malaikat-Ku untuk menjaganya. Jika dia berdoa kepada-Ku, Aku akan ijabah. Perumpamaan dia dengan makhluk-Ku yang lain adalah seperti perumpamaan firdaus di Surga.
Tanda-tanda salat yang diterima oleh Allah SWT berdasarkan hadis Qudsi tersebut, di antaranya; Pertama, merendahkan diri. Dia datang melaksanakan salat dengan merendahkan diri hanya pada-Nya. Jiwa yang merendahkan diri disebut jiwa khusyu jauh dari sifat ujub dan riya. Kedua, tidak sombong sesama makhluk Allah SWT.
Menurut Imam Ghazali, orang takabur adalah orang yang merasa dirinya lebih besar daripada orang lain dan dia memandang enteng dan hina orang lain. Sifat sombong ini bisanya muncul karena faktor ilmu, amal, keturunan, kekayaan, anak buah, kecakapan dan kecantikan. Puncak dari kesombongan adalah menolak eksistensi al-Haq (Allah SWT) dan menolak kebenaran yang datang dari-Nya karena yang menyampaikannya adalah orang yang tidak bertitel, statusnya lebih rendah dari dirinya, pahamnya berbeda dengan diri, kelompok, dan alirannya.
Ketiga, tidak maksiat pada Allah SWT. Tanda orang yang diterima salatnya oleh Allah SWT mampu mengendalikan nafsunya. Di akhirat kelak ada beberapa kelompok manusia yang mendapat perlindungan karena amalannya di dunia yaitu orang yang diajak kencan oleh seorang perempuan yang cantik dan memiliki kedudukan dan jabatan yang tinggi tapi dia menolak ajakannya seraya berkata; “Aku takut kepada Allah SWT. Sikapnya seperti Yusuf saat  Zulaikha menggoda dirinya.
Keempat, memiliki jiwa solidaritas sosial tinggi. Tanda salat yang diterima bukan hanya berdiri lama, melakukan ruku, dan sujud yang panjang dalam salat tetapi ia aktif memikirkan dan mencari solusi penderitaan yang menimpa sesamanya. Dia menyisihkan waktu dan rizkinya untuk ikut serta membahagiakn orang lain.
Kriteria salat yang diterima dan kekhususannya penting ditafakuri sebagai tolok ukur salat berjamaah kita. Rasulullah menegaskan, Ada dua orang umatku yang melakukan salat, yang ruku dan sujud sama akan tetapi nilai salatnya kedua orang itu jauhnya antara langit dan bumi. Perbedaan ini karena salat mereka tidak termasuk kriteria salat yang diterima oleh Allah SWT. Allahu alam bi al-shawab.



*) Guru SMA Plus Babussalam, Pon-Pes Babussalam al-Muchtariyah Ciburila Dago Atas Bandung

link lengkap tulisan ini dapat dilihat di Mencari Energi Sholat Berjamaah

1 comments:

Unknown at: March 16, 2020 at 3:08 AM said...

If you're looking to lose pounds then you absolutely have to start following this brand new tailor-made keto meal plan diet.

To design this service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks united to provide keto meal plans that are effective, decent, economically-efficient, and delicious.

From their grand opening in early 2019, hundreds of individuals have already transformed their body and well-being with the benefits a good keto meal plan diet can offer.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan diet.

Post a Comment