Analisi SWOT adalah analisis berdasarkan pada
anggapan bahwa suatu berasal dari sumber daya internal suatu perusahaaan (strengths and weaknesses) dan sumber daya
eksternal suatu perusahaan (opportunities
and threats).
1.
Kekuatan (Strengths)
Suatu keunggulan sumber daya
yang relatif terhadap pesaing dan kebutuhan dari pusat yang dilayani atau
hendak dilayani oleh perusahaan kekuasaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan
dibandingkan dengan pesaing.
2.
Kelemahan (Weaknesses)
Keterbatasan atau kekurangan
dalam sumber daya, ketrampilan dan kemampuan yang secara serius menghalangi
kinerja perusahaan. Keterbatasan dalam fasilitas, sumber daya keuangan,
kemampuan manajemen, ketrampilan pemasaran merupakan sumber dari kelemahan.
3.
Peluang (Opportunities)
Peluang adalah suatu daerah
kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan dan
untuk merebut lebih banyak konsumen dibanding dengan kompetitor lain.
4.
Ancaman (Threats)
Tantangan dan ancaman yang
dihadapi oleh suatu perusahaan dari kompetitor lain dalam merebut konsumen.
Analisis SWOT akan didapat dari hasil analisis
lingkungan. Kekuatan diidentifikasikan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja
kekuatan perusahaan atau organisasi untuk dapat melanjutkan dan mempertahankan
kelangsungan bisnisnya. Dengan mengetahui kekuatan yang dimiliki, perusahaan
atau organisasi dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kekuatan sebagai modal
untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor lainnya. Mengidentifikasi
kelemahan bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang masih ada, dan
dengan mengetahui kelemahan tersebut, maka perusahaan atau organisasi dapat
berusaha untuk memperbaiki kelemahan yang ada agar menjadi lebih baik lagi.
Kelemahan yang tidak atau terlambat teridentifikasi akan merugikan perusahaan
atau organisasi. Oleh karena itu, semakin cepat mengetahui kelemahan, maka
perusahaan juga dapat segera mungkin mencari solusi untuk dapat memperbaiki
kelemahan tersebut. Dengan mengetahui peluang baik peluang saat ini maupun
peluang di masa yang akan datang, maka perusahaan dapat mempersiapkan diri
untuk dapat mencapai peluang tersebut. Berbagai strategi dapat disiapkan lebih
dini dan terencana dengan baik sehingga peluang yang telah diidentifikasi dapat
terwujud. Banyak cara untuk dapat mewujudkan peluang dan mempertahankan
kelangsungan bisnis perusahaan tentunya akan mengalami banyak ancaman. Ancaman
yang dapat teridentifikasi dapat dicari solusinya sehingga perusahaan dapat
meminimalkan ancaman tersebut.
Analisis SWOT dapat digambarkan menjadi suatu
matriks. Matriks ini dikenal dengan matriks SWOT. Matriks SWOT menggambarkan
secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapai perusahaan
dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
Matriks ini dapat menghasilkan empat set kemungkinan alternatif strategi.
Analisis
SWOT menghasilkan analisis strategi. Analisis strategi tidak jauh berbeda
dengan analisis SWOT. Hanya saja, analisis strategi ini digunakan sebagai dasar
untuk merumuskan strategi pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan. Dengan
pemikiran yang tepat serta strategi yang jitu, diharapkan diperoleh rumusan
strategi pencapaian tujuan yang tepat dan realistis untuk dilaksanakan. Empat
kemungkinan alternatif strategis yang dihasilkan dari matriks SWOT.
0 comments:
Post a Comment