Strategic Planning for Information System Versi Ward dan Peppard

Monday, June 17, 2013
Metode Perencanaan Strategi SI/TI versi Ward dan Peppard merupakan metode yang komprehensif, dimana metode ini terlebih dahulu dimulai dari kegiatan assesment dan pemahaman terhadap situasi saat ini baik terhadap lingkungan bisnis maupun lingkungan SI/TI. Lingkungan bisnis meliputi lingkungan bisnis internal dan lingkungan bisnis eksternal. Demikian juga dengan lingkungan SI/TI yang meliputi lingkungan SI/TI internal dan eksternal. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap kondisi saat ini, maka dapat ditentukan strategi sistem informasi (SI), strategi teknologi informasi (TI) dan strategi SI/TI masa mendatang (future) secara tepat. Metode Ward dan Peppard ini dapat digambarkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
Model Perncanaan Strategis SI/TI (Ward dan Peppard,2002)

Seperti terlihat pada gambar 2.1 diatas, model perencanaan strategis SI/TI ini memiliki kerangka kerja perencanaan dan formulasi strategi berupa masukan, keluaran dan aktivitas-aktivitas utama. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.  Analisis lingkungan bisnis internal, yang meliputi aspek-aspek strategi bisnis saat ini, tujuan atau sasaran, sumber daya, proses, serta budaya dan nilai-nilai bisnis organisasi.
2.   Analisis lingkungan bisnis eksternal, yang meliputi aspek-aspek ekonomi, industri, dan iklim bersaing dimana perusahaan beroperasi.
3.   Analisis lingkungan SI/TI internal, yang meliputi perspektif SI/TI dalam bisnis saat ini, tingkat kematangan, cakupan dan kontribusinya terhadap bisnis, ketrampilan, sumberdaya dan infrastruktur teknologi. Portofolio aplikasi eksisting dan yang sedang dibangun juga merupakan bagian dari lingkungan SI/TI saat ini.
4. Analisis lingkungan SI/TI eksternal, yang meliputi tren teknologi dan peluang pemanfaatannya.
Sedangkan tahapan keluaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu dokumen perencanaan strategis SI/TI yang terdiri dari:
1. Strategi SI bisnis, yang mencakup bagaimana setiap unit/fungsi bisnis akan memanfaatkan SI/TI untuk mencapai sasaran bisnisnya, portofolio aplikasi dan gambaran arsitektur informasi.
2.  Strategi TI, yang mencakup kebijakan dan strategi bagi pengelolaan teknologi dan sumber daya manusia SI/TI.
Strategi Manajemen SI/TI, yang mencakup elemen-elemen umum yang diterapkan melalui organisasi, untuk memastikan konsistensi penerapan kebijakan SI/TI yang dibutuhkan. 


0 comments:

Post a Comment