Definisi Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain)

Monday, June 17, 2013
Rantai pasok adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Kalau rantai pasok adalah jaringan fisiknya, yakni perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang maupun mengirimkannya ke pemakai akhir, manajemen rantai pasok adalah metode, alat atau pendekatan pengelolaannya (Pujawan dan Mahendrawathi, 2010). Manajemen rantai pasok adalah suatu kumpulan pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan secara efisien antara pemasok, perusahaan manufaktur, pergudangan dan toko, sehingga barang diproduksi dan didistribusikan pada kuantitas, lokasi dan waktu yang benar untuk meminimumkan biaya-biaya pada kondisi yang memuaskan kebutuhan tingkat pelayanan (Simchi-Levi et al, 2002). Manajemen rantai pasok merupakan integrasi dari seluruh aktivitas dalam rantai pasok melalui hubungan rantai pasok yang erat untuk mencapai keuntungan kompetitif (Handfield dan Nichols, 2002). Manajemen rantai pasok merupakan aktivitas perencanaan, pengaturan dan optimalisasi satu atau lebih rantai pasokan (Turban et al, 2006).


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen rantai pasok adalah kegiatan yang mengintegrasikan pemasok dan pelanggan untuk mengelola aliran barang atau jasa sehingga barang atau jasa dapat didistribusikan dalam waktu dan jumlah yang tepat. Hal ini dilakukan untuk meminimumkan biaya.

2 comments:

Unknown at: June 3, 2016 at 9:38 PM said...

kalo rantai pasokan bengkel motor

Mas Akrom at: November 4, 2017 at 8:46 AM said...

Managemen rantai pasok atau supplay chain itu apakah sama dengan saluran pemasaran min ? agak bingung membedakannya min. Help

Post a Comment