Pengertian Rancang Bangun dan Konsep Sistem Informasi

Senin, 17 Juni 2013
PENGERTIAN RANCANG BANGUN
Rancang merupakan serangkaian prosedur untuk menerjemahkan hasil analisa dari sebuah sistem ke dalam bahasa pemrograman untuk mendeskripsikan dengan detail bagaimana komponen-komponen sistem diimplementasikan (Pressman, 2002). Rancangan sistem adalah penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru (McLeod, 2002). Perancangan adalah kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendesain sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang terbaik (Ladjamudin, 2005). Sedangkan pengertian bangun atau pembangunan sistem adalah kegiatan menciptakan sistem baru maupun mengganti atau memperbaiki sistem yang telah ada baik secara keseluruhan maupun sebagian (Pressman, 2002). Bangun sistem adalah membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain (Whitten et al, 2004).
Dengan demikian pengertian rancang bangun merupakan kegiatan menerjemahkan hasil analisa ke dalam bentuk paket perangkat lunak kemudian menciptakan sistem tersebut ataupun memperbaiki sistem yang sudah ada.

KONSEP SISTEM INFORMASI 
Sistem informasi adalah pengaturan orang, data, proses dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menyediakan sebagai keluaran informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi (Whitten et al, 2004). Sistem informasi adalah sekumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mengumpulkan, memanipulasi, menyimpan dan menyediakan informasi yang dapat membantu organisasi untuk mencapai tujuannya (Stair dan Reynolds, 2010). Sistem informasi adalah proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu (Turban et al, 2006). Komponen-komponen sistem informasi adalah (Turban et al, 2006): 1. Perangkat keras (hardware) adalah serangkaian peralatan seperti prosesor, monitor, keyboard dan printer. Berbagai peralatan tersebut menerima data serta informasi, memprosesnya dan menampilkannya. 2. Perangkat lunak (software) adalah sekumpulan program yang memungkinkan peranti keras untuk memproses data. 3. Basis data (database) adalah sekumpulan file, tabel, relasi dan lain-lainnya yang saling berkaitan dan menyimpan data serta berbagai hubungan di antaranya. 4. Jaringan (network) adalah sistem koneksi (dengan kabel atau nirkabel) yang memungkinkan adanya berbagai sumber daya antar berbagai komputer yang berbeda. 5. Prosedur adalah serangkaian instruksi mengenai bagaimana menggabungkan berbagai komponen di atas agar dapat memproses informasi dan menciptakan hasil yang diinginkan. 6. Orang adalah berbagai individu yang bekerja dengan sistem informasi, berinteraksi dengannya atau menggunakan hasilnya. Berdasarkan uraian yang sudah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kumpulan komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mengumpulkan, memproses dan menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan saat ini ataupun di masa yang akan datang.

6 komentar:

maisyara salsabila at: 18 Juli 2013 13.17 mengatakan...

assalam,,
indah,,boleh minta ebook yang rekayasa perangkat lunak pressman 2002??

indaaah at: 29 Juli 2013 16.37 mengatakan...

Wa'alaikum salam, maaf baru bisa jawab. indah ga ada ebook nya.maaf belum bisa membantu :(

Mila Sari at: 15 Agustus 2013 20.17 mengatakan...

wawawaaa~ nemu blognya indah disini. XD
makasih indaaaah, jadi dapet referensi dimari. tapi daftar pustakanya ora ada. :(

indaaah at: 20 Agustus 2013 13.20 mengatakan...

Daftar Pustakanya:
Pressman RS. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.
Whitten JL, Bentley LD, Dittman KC. 2004. System Analysis and Design Methods. Diterjemahkan oleh: Tim Penerjemah Andi. Yogyakarta: Andi.

eko stiawan at: 4 November 2013 13.53 mengatakan...

pengertian rancang dan bangun itu gk ada halamannya ya yang menurut pressman

indaaah at: 15 November 2013 16.12 mengatakan...

Maaf baru bisa merespon, iya tidak ada halamannya

Poskan Komentar